Liga

Debut Ralf Rangnick Berakhir Manis, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Manchester United sukses meraih kemenangan di laga perdana bersama Ralf Rangnick

Irwan Febri Rialdi

Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick jabat tangan dengan Cristiano Ronaldo dalam laga Liga Inggris kontra Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Minggu (5/12/2021) malam WIB. [PAUL ELLIS / AFP]
Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick jabat tangan dengan Cristiano Ronaldo dalam laga Liga Inggris kontra Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Minggu (5/12/2021) malam WIB. [PAUL ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Debut Ralf Rangnick bersama Manchester United berakhir dengan manis. Skuat Setan Merah sukses menang tipis atas tamunya, Crystal Palace 1-0 dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris 2021/2022 pada Minggu (5/12/2021) malam WIB.

Pada laga di Old Trafford ini, tidak mudah bagi Manchester United untuk bisa membongkar pertahanan Palace asuhan Patrick Vieira, yang tampil spartan dan juga disiplin.

Setan Merah berkali-kali dibuat frustasi oleh Palace, dengan Bruno Fernandes dan kawan-kawan memang seperti minim kreativitas dan juga tumpul hari ini, meski di sisi lain tim tampak jauh lebih agresif dalam bertahan maupun dalam aspek pressing, khususnya yang dilakukan para pemain depan.

Ya, sepertinya ada isyarat jelas mengenai pergeseran kepada permainan menekan khas Rangnick itu pada 25 menit pertama, ketika pemain-pemain depan Manchester United mengurung pertahanan Palace dan membatasi kemampuan mereka dalam menyerang.

Rangnick memilih formasi 4-2-2-2 yang memasang Marcus Rashford dan Cristiano Ronaldo sebagai duet striker, sedangkan Jadon Sancho dan Bruno Fernandes beroperasi di belakang mereka sebagai 'nomor 10' di depan Fred dan Scott McTominay sebagai double pivot.

Fernandes membuat peluang membuka skor setelah sebuah sundulan Ronaldo yang sangat baik kembali ke jalur larinya. Namun, tendangan sang gelandang berhasoil diselamatkan oleh kiper Palace, Vicente Guaita.

Diogo Dalot yang lagi-lagi lebih disukai dipasang ketimbang Aaron Wan-Bissaka pada posisi bek kanan Manchester United, membuka peluang sebelum turun minum, tetapi tendangannya melambung dari gawang.

Manchester United sendiri sempat kelimpungan setelah turun minum akibat umpan-umpan yang ceroboh dan menurunnya tekanan yang mereka lancarkan.

Tapi, Rangnick praktis senang timnya berhasil menjinakkan pemain sayap berbahaya Palace Wilfried Zaha, yang merupakan eks pemain Manchester United.

Bek kiri Manchester United, Alex Telles nyaris menciptakan gol setelah tendangan bebasnya dari sudut sempit membentur tiang gawang, sebelum Jordan Ayew menyia-nyiakan peluang emas Palace ketika kiper David De Gea sudah tak bisa menjangkau bola.

Kemudian datang momen inspirasi Fred ketika gelandang bertahan Brasil itu dikerumuni oleh rekan-rekan satu timnya guna merayakan gol Manchester United.

Ya, Fred jadi pembeda di laga ini berkat gol tunggalnya pada menit ke-77 yang memastikan raihan tripoin perdana di era juru taktik Rangnick.

Ekspresi gelandang Manchester United, Fred pada laga Liga Inggris kontra Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Minggu (5/12/2021) malam WIB. [PAUL ELLIS / AFP]
Ekspresi gelandang Manchester United, Fred pada laga Liga Inggris kontra Crystal Palace di Old Trafford, Manchester, Minggu (5/12/2021) malam WIB. [PAUL ELLIS / AFP]

Fred mencetak gol lewat sepakan plessing kaki kanannya dari luar kotak 16, usai menerima sodoran dari Mason Greenwood.

Kemenangan tipis nan krusial ini membawa Manchester United naik ke peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris, dengan raihan 24 poin dari 15 pertandingan.

Manchester United asuhan Rangnick berjarak tiga poin saja dari zona empat besar.

Sementara itu, dengan kekalahan ini, Palace tertahan di urutan ke-12 tabel klasemen dengan koleksi 16 poin dari 15 laga.

Tottenham Gasak Norwich

Sementara itu di laga lainnya yang berlangsung bersamaan, gol-gol Lucas Moura, Davinson Sanchez dan Son Heung-min memastikan kemenangan liga ketiga berturut-turut Tottenham Hotspur saat mereka mengalahkan Norwich City 3-0 di London Utara.

Kemenangan ini mengangkat Tottenham ke posisi kelima dengan mengoleksi 25 poin dari 14 pertandingan.

Tottenham berjarak 10 poin dari pemuncak klasemen sementara Manchester City, namun Spurs menyimpan tabungan satu pertandingan.

Manajer baru Antonio Conte terus menunjukkan tangan dinginnya menukangi Spurs.

Hasil Liga Inggris, Minggu (5/12/2021) malam WIB:

Leeds United 2-2 Brentford

Manchester United 1-0 Crystal Palace

Tottenham Hotspur 3-0 Norwich City

Berikut klasemen terbaru Liga Inggris:

Klasemen terbaru Liga Inggris. (Dok. Flashcore).
Klasemen terbaru Liga Inggris. (Dok. Flashcore).

(Suara.com)

Berita Terkait

Berita Terkini